Masa Panen Porang Dari Berbagai Macam Bibit


Masa Panen Porang Dari Berbagai Macam Bibit - Seperti kita ketahui bersama bahwa tanaman porang saat ini tengah menjadi trending topik di kalangan petani. Dengan potensi keuntungan dari bisnis porang yang begitu menggiurkan, tak heran jika banyak petani yang beralih pada budidaya porang saat ini. Ada yang sudah menanam dalam jumlah besar, ada yang masih coba-coba, bahkan ada yang sama sekali belum action dan masih berkutat dengan banyak pertanyaan yang meragukan.

Masa Panen Porang
Masa Panen Porang
Diantara pertanyaan-pertanyaan itu salah satunya adalah mengenai masa panen dari porang. Berapa lama porang bisa dipanen, setahun, dua tahun, atau bahkan hanya perlu waktu beberapa bulan saja. Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami sampaikan beberapa jawaban yang berbeda. Karena memang masa panen porang bisa berbeda-beda, tergantung dari bibit apa menanamnya.

Masa Panen Porang Dari Berbagai Macam Bibit


1. Masa Panen Porang Dari Bibit Katak

Masa panen porang yang pertama dari bibit katak. Perlu diketahui, bahwa jenis katak ini ada dua macam yaitu katak super dan katak biasa. Katak super ini biasanya memiliki jumlah 15 sampai 40 butir dalam 1 kg nya. Jadi ukuran agak besar. Untuk menananam dari katak super ini, biasnya dibutuhkan waktu untuk panen sekitar 1-2 tahun.

Sedangkan untuk katak sedang yang ukurannya adalah sekitar 100-200 butir dalam 1kg nya, maka katak jenis ini bisa dipanen dengan waktu sekitar 2-3 tahun. Ada lagi katak mini, katak mini ini biasanya memiliki jumlah sekitar 250 - 450 butir / kg nya. Jenis bibit katak mini ini bisa dipanen dalam waktu sekitar 4-5 tahun.


2. Masa Panen Porang Dari Bibit Umbi

Selain dengan katak, cara menanam porang juga bisa dilakukan dengan umbi porang itu sendiri. Untuk umbi hampir sama dengan katak, ada beberapa jenis model yang bisa digunakan sebagai bibit. Ada umbi mini, umbi super dan juga bisa dengan umbi belah. Masing model ini tentu memiliki masa panen yang berbeda-beda.

Untuk umbi super yang biasanya memiliki isi 10 - 30 butir per kg nya, memiliki masa panen yang cukup cepat yaitu sekira satu tahun. Sedangkan dari umbi mini, yang berjumlah 250-400 biji dalam sekilo biasa nya masa panennya adalah 3 - 4th. Umbi belah memiliki  masa panen yang berbeda lagi. Untuk umbi belah yang se kg nya memiliki 10 - 15 biji, masa panennya adalah satu tahun.

3. Masa Panen Porang Dari Biji Bunga

Untuk bibit yang lain yang bisa digunakan sebagai cara budidaya porang adalah bibit dari biji bunga. Bibit dari biji bunga ini cenderung memiliki waktu masa panen yang paling lama diantara bibit yang lain. Karena tentu pola tanam yang digunakan dalam menanam porang dari biji bunga ini tidak sama dengan yang lain. Untuk bibit dari biji bunga ini memiliki masa panen 4 - 5 tahun.


Nah teman-teman petani semuanya, itulah sedikit informasi mengenai masa panen porang yang berbeda-beda tergantung dengan bibit yang ditanam. Semoga sedikit info di atas bisa memberi pencerahan kepada kita semua.

Oh iya, jika teman-teman masih petani pemula dan bingung untuk memasarkan umbi porang, kami bisa menerima loh. Minimal kami bisa terima 5 ton ke atas. Atau jika masih belum punya bibit, bisa juga menghubungi kami, kami ready bibit katak maupun umbi. Silahkan hubungi WA kami >> 085755586000

Tidak ada komentar untuk "Masa Panen Porang Dari Berbagai Macam Bibit"