Apa Itu Porang? Tanaman Umbi Kaya Fungsi Dengan Nilai Tinggi


Apa Itu Porang? Tanaman Umbi Kaya Fungsi Dengan Nilai Tinggi - Porang, suatu nama tanaman jenis umbi yang kini menjadi perbincangan banyak kalangan. Bukan hanya kalangan petani, para pengusaha pun mulai melirik potensi bisnis dari tanaman tanaman porang ini. Betapa tidak, tanaman porang yang dulunya hanya dipandang sebelah mata, nyatanya kini memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Lalu sebenarnya apa itu porang, porang digunakan untuk apa kok bisa memiliki nilai jual yang tinggi.

Bulbil/katak baru tumbuh
Oke, kami akan sedikit menjelaskan apa itu porang dengan bahasa yang semoga saja mudah dimengerti. Karena kami faham, masih banyak sekali yang belum begitu familiar dengan yang namanya porang.

1. Pengertian Porang

Langsung saja, Porang memiliki nama latin Amorphophallus muelleri Blume. Menurut beberapa sumber, porang ini adalah tanaman yang termasuk dalam jenis iles-iles yang tumbuh di hutan, tapi bukan iles-iles. Di lingkungan masyarakat masih banyak yang rancu dengan kedua tanaman (porang dan iles-iles) ini. Porang termasuk tumbuhan semak atau herba yang memiliki umbi di dalam tanah.

Nah, yang memiliki potensi nilai ekonomis tinggi ini adalah umbi porang tersebut. Kenapa umbi porang memiliki nilai ekonomis yang tinggi? karena di dalam umbi porang mengandun glukomanan yang tinggi. Sedangkan glukomanan sendiri sangat bagus untuk kesehatan dan sangat mudah diolah menjadi olahan kebutuhan sehari-hari.

2. Ciri-ciri Tanaman Porang

Untuk pemula, memang agak sedikit sulit membedakan tanaman porang dengan tanaman lain yang sejenis. Karena memang tanaman lain yang sejenis seperti suweg, iles-iles, dan walur memiliki tingkat kemiripan yang sangat tinggi. Untuk bisa membedakannya, bisa Anda baca pada Perbedaan Tanaman Porang,Iles-iles, Walur dan Suweg agar lebih jelas.

Nah, untuk memperjelas lagi, Anda juga bisa memperhatikan ciri-ciri dari tanaman porang. Apa saja ciri dari tanaman porang ini, silahkan perhatikan di bawah ini :

- Batang tanaman Porang.

Dilihat dari batang tanaman, batang tanaman porang memiliki tekstur yang lunak dan cenderung berdiri tegak. Batang tanaman porang juga memiliki totol putih-hijau dengan batang yang halus. Tinggi tanaman porang ini kisaran 100 - 150 cm.

- Daun tanaman Porang.

Struktur daun tanaman porang adalah menjari berpangkal 3 dengan warna hijau yang cenderung gelap ataupun hijau cerah. Pada titik pangkal daun, tumbuh bulbil atau katak.

- Ada Bulbil/Katak

Ini merupakan ciri utama dari porang yang tidak dimiliki tanaman sejenis yang lain. Bulbil ini biasanya muncul pada usia tanaman dua bulan. Tanda kemunculannya adalah biasanya pada titik pangkal daun akan muncul warna coklat yang gelap.

- Umbi Porang

Untuk umbi, umbi porang merupakan umbi tunggal. Daging umbi porang berwarna kuning cerah dan berkristal. Serat pada umbi porang halus dan ada getah yang bisa membuat gatal kulit.


Untuk manfaat porang sendiri ada banyak sekali. Mulai dari untuk kebutuhan konsumsi pengganti beras, obat, Bahan campuran untuk Industri dan beberap manfaat lainnya. Insyaalloh di lain waku dan kesempatan akan kami ulas mengenai manfaat porang.

Sementara itu saja dulu yang bisa kami sampaikan mengenai apa itu porang, semoga sedikit informasi di atas bisa bermanfaat untuk temen-temen semua.

Oh iya, jika teman-teman masih petani pemula dan bingung untuk memasarkan umbi porang, kami bisa menerima loh. Minimal kami bisa terima 5 ton ke atas. Atau jika masih belum punya bibit, bisa juga menghubungi kami, kami ready bibit katak maupun umbi. Silahkan hubungi WA kami >> 085755586000

2 komentar untuk "Apa Itu Porang? Tanaman Umbi Kaya Fungsi Dengan Nilai Tinggi"

Posting Komentar